Gambar: Gejala Kolesterol Tinggi yang Perlu Diwaspadai

Gejala Kolesterol Tinggi yang Perlu Diwaspadai

Admin Enerslim
57x Dilihat

Kolesterol tinggi sering kali tidak menimbulkan gejala yang jelas, sehingga sering disebut sebagai "pembunuh diam-diam". Namun, ada beberapa tanda yang dapat menunjukkan bahwa kadar kolesterol Anda mungkin meningkat dan perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa gejala yang perlu diwaspadai:


1. Xanthoma:

Xanthoma adalah benjolan kuning yang muncul di kulit, biasanya di sekitar area mata, lutut, siku, atau bagian belakang tangan. Penumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah dapat menyebabkan kondisi ini.


2. Xanthelasma:

Xanthelasma adalah bercak kuning yang muncul di sekitar kelopak mata, sering kali berbentuk seperti plak. Hal ini juga terkait dengan peningkatan kadar kolesterol dalam darah.


3. Xanthuria:

Xanthuria adalah urine yang berwarna kuning gelap atau oranye karena peningkatan jumlah pigmen kolesterol di dalam tubuh.


4. Angina:

Angina adalah rasa nyeri, tekanan, atau ketidaknyamanan di dada yang bisa menunjukkan penyakit jantung koroner. Penyebabnya adalah penumpukan plak kolesterol di dalam arteri koroner yang membatasi aliran darah ke jantung.


5. Kerusakan Saraf:

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada saraf, yang dapat menyebabkan gejala seperti mati rasa, kelemahan, atau kesemutan di tangan dan kaki.


6. Gangguan Pencernaan:

Kolesterol tinggi juga dapat mempengaruhi pencernaan dengan menyebabkan penyumbatan di saluran pencernaan, yang dapat menyebabkan gejala seperti perut kembung, gas, atau kram perut.


7. Plak di Mata:

Pembentukan plak kolesterol di dalam arteri juga dapat terjadi di dalam mata, yang dapat menyebabkan penglihatan kabur, hilangnya penglihatan tepi, atau bahkan kebutaan jika tidak diobati.


8. Pembuluh Darah Tersumbat:

Penumpukan plak kolesterol di dalam arteri juga dapat menyebabkan pembuluh darah tersumbat, yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, atau penyakit vaskular perifer.


9. Lesu dan Mudah Lelah:

Kolesterol tinggi juga dapat menyebabkan lesu, kelelahan, atau lemah karena berkurangnya aliran darah ke seluruh tubuh.


10. Masalah Ereksi pada Pria:

Pada pria, kolesterol tinggi juga dapat menyebabkan masalah ereksi atau disfungsi ereksi karena pembuluh darah yang mengalami penumpukan plak kolesterol.


Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa gejala di atas, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi lebih lanjut dan pengelolaan kondisi kolesterol Anda. Perubahan gaya hidup sehat, termasuk diet seimbang, olahraga teratur, dan penghindaran merokok, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko komplikasi yang terkait.

Berlangganan email dengan kami

agar mengetahui promo terbaru setiap saat