Gambar: Menjaga Metabolisme menjelang Idul Fitri

Menjaga Metabolisme menjelang Idul Fitri

Admin Enerslim
23x Dilihat

Menjelang Idul Fitri atau biasa di Indonesia disebut Lebaran biasanya kebanyakan dari masyarakat Indonesia mengisi waktu luangnya dengan Berbelanja, Sahur On The Road, Buka Bersama dan masih banyak lagi yang bisa membuat metabolisme kita menurun yang nanti bisa berdampak bisa saja tepat pada hari raya Idul Fitri, Tapi jangan khawatir metabolisme kamu menurun saat Hari Raya, Yuk simak artikel ini


Metabolisme adalah serangkaian proses kimia yang terjadi di dalam tubuh untuk mengubah makanan menjadi energi yang dibutuhkan untuk berbagai fungsi tubuh, seperti bernapas, bergerak, dan berpikir. Ini melibatkan dua proses utama: katabolisme, yang memecah molekul makanan menjadi energi, dan anabolisme, yang menggunakan energi ini untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Metabolisme dipengaruhi oleh faktor seperti usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas fisik, dan komposisi tubuh.


Untuk mendukung sistem metabolisme agar tetap prima adalah :


Ada beberapa cara untuk mendukung sistem metabolisme agar tetap prima selama bulan Ramadhan:


1. Pilih makanan yang sehat: Pilih makanan yang kaya akan nutrisi, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein tanpa lemak. Hindari makanan yang tinggi gula dan lemak jenuh.


2. Atur waktu makan: Buat jadwal makan yang seimbang selama bulan Ramadhan. Pastikan untuk sahur dengan makanan yang sehat dan bernutrisi agar energi tersedia sepanjang hari.


3. Hindari makan berlebihan saat berbuka: Hindari makan berlebihan saat berbuka, karena ini dapat membebani sistem pencernaan dan mengganggu metabolisme.


4. Konsumsi air yang cukup: Pastikan untuk minum air yang cukup saat berbuka dan sahur untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mendukung metabolisme yang sehat.


5. Tetap aktif: Tetap aktif selama bulan Ramadhan dengan melakukan aktivitas fisik ringan seperti jalan kaki atau senam ringan setelah berbuka untuk membantu menjaga metabolisme tetap lancar.


6. Istirahat yang cukup: Pastikan untuk mendapatkan istirahat yang cukup selama bulan Ramadhan agar tubuh memiliki waktu yang cukup untuk memulihkan diri dan menjaga metabolisme tetap berjalan dengan baik.


7.Memakai masker jika beraktifitas atau buka bersama diluar agar terhindar dari virus yang bisa menyerang metabolisme


Jadi itu dia sefruit Tips dari artikel ini untuk menjaga kesehatan metabolisme kamu, Jangan sampai di Hari Raya malah kamu sakit yaa

Berlangganan email dengan kami

agar mengetahui promo terbaru setiap saat