Gambar: Mengatasi Mimisan: Tips dan Tindakan Pertolongan Pertama

Mengatasi Mimisan: Tips dan Tindakan Pertolongan Pertama

Admin Enerslim
62x Dilihat

Mimisan, atau epistaksis, adalah kondisi umum di mana terjadi perdarahan dari rongga hidung. Meskipun umumnya tidak berbahaya, mimisan dapat menjadi mengganggu dan menyebabkan kecemasan, terutama jika terjadi secara berulang. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi mimisan dan tindakan pertolongan pertama yang dapat dilakukan:


1. Tilt Your Head Forward:

Saat mengalami mimisan, condongkan kepala Anda sedikit ke depan. Ini membantu mencegah darah mengalir ke tenggorokan dan mencegah Anda menelannya.


2. Tekan Hidung Bagian Bawah:

Gunakan ibu jari dan jari telunjuk Anda untuk menekan lembut bagian lunak hidung bagian bawah, di dekat pangkal hidung. Tindakan ini membantu menghentikan aliran darah.


3. Jangan Membungkuk atau Membalikkan Kepala:

Hindari membungkuk atau membalikkan kepala ke belakang. Ini dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di dalam hidung dan memperburuk mimisan.


4. Beri Kompres Dingin:

Letakkan kantong es atau handuk yang dibasahi dengan air dingin di bagian hidung Anda. Kompres dingin membantu menyempitkan pembuluh darah dan menghentikan perdarahan.


5. Gunakan Pembasahan Hidung:

Untuk mencegah mimisan, Anda dapat menggunakan lubrikan hidung seperti petroleum jelly atau salep antibiotik di dalam lubang hidung. Ini membantu menjaga kelembaban dan mencegah kerusakan pada pembuluh darah.


6. Hindari Faktor Pemicu:

Jika Anda sering mengalami mimisan, hindari faktor pemicu seperti udara kering, hidung yang iritasi, atau cedera hidung.


7. Konsultasikan dengan Dokter:

Jika mimisan berlangsung lebih dari 20 menit atau terjadi secara berulang, segera konsultasikan dengan dokter. Dokter dapat mengevaluasi penyebabnya dan memberikan perawatan yang sesuai.


Mimisan umumnya bukanlah masalah serius dan dapat diatasi dengan langkah-langkah sederhana seperti yang disebutkan di atas. Namun, jika mimisan terjadi secara berulang atau tidak kunjung berhenti, segera temui dokter untuk evaluasi lebih lanjut dan penanganan yang tepat.

Berlangganan email dengan kami

agar mengetahui promo terbaru setiap saat